24 March 2015

Layanan dan Terminologi Cloud Computing


Layanan Cloud Computing
NIST juga membagi 3 layanan dasar yang ditawarkan dalam cloud computing, yaitu : Software as a Service (SaaS), Platfrom as a Service (PaaS), dan Infrastructure as a Service (IaaS).


  • Software as a Service (SaaS)
Software as a Service (SaaS) adalah layanan dari cloud computing, dimana pengguna dapat menjalankan perangkat lunak (software) yang telah disediakan oleh penyedia layanan melalui penjelajah web yang terpasang di perangkat pengguna. Pengguna tidak perlu tahu bagaimana cara membuat maupun menkonfigurasi software tersebut. Pengguna cukup tahu bahwa software bisa digunakan dengan baik. Contoh dari layanan Software as a Service (SaaS) seperti Office365, GoogleDocs, Adobe Creative Cloud, dsb.
  • Platform as a Service (PaaS)
Platfrom as a Service (PaaS) adalah layanan dari cloud computing yang menyediakan wadah untuk sebuah aplikasi berjalan pada cloud. Sebuah wadah yang dapat berjalan disemua kondisi. Dengan adanya platform dapat memberikan kemudahan bagi developer untuk membangun aplikasi dan memindahkan aplikasi tersebut kedalam cloud. Platform-platfrom yang dibutuhkan harus memiliki elemen-elemen dasar seperti Workflow engine, Development tools, Testing environment, Integrating database, dan Third-party tools and services.
  • Infrastructure as a service (IaaS)
Infrastructure as a Service (IaaS) adalah layanan dari komputasi awan yang menawarkan sumber daya komputasi sebagai layanan yang dapat digunakan. Sumber daya komputasi yang ditawarkan seperti : memory, CPU, storage, network, dan ruang pusat data. Seolah-olah penyedia layanan cloud computing menyediakan satu komputer kosong yang dapat diisi dengan sistem operasi sesuai dengan keinginan pengguna. Selain sistem operasi, pengguna juga memiliki kontrol atas CPU, storage, dan mungkin kontrol komponen network.


Terminologi Cloud Computing


Menurut terminologinya, cloud computing sering menggunakan beberapa terminologi sebagai berikut: Public Cloud, Private Cloud, Hybrid Cloud, dan Community Cloud.
  • Public Cloud
Infrastruktur dan layanan cloud computing diperuntukan untuk masyarakat umum. Dalam penggunaannya pelanggan bisa melakukan proses resgistrasi ataupun bisa memakai layanan secara langsung. Layanan public cloud ada yang berstatus gratis dan ada juga yang berstatus berbayar.
  • Private Cloud
Infrastruktur dan layanan cloud computing diperuntukan untuk pihak yang terbatas seperti internal dari organisasi / perusahaan. Dalam private cloud biasanya suatu departemen IT akan berperan secara langsung sebagai penyedia layanan (service provider) dan departemen yang lain (yang masih satu lingkungan) akan menjadi pengguna. Sebagai penyedia layanan (service provider), department IT harus bertanggung jawab agar layanan dapat berjalan dengan baik.
  • Hybrid Cloud
Layanan ini merupakan gabungan dari layanan public cloud dan private cloud. Dengan menggunakan hybrid cloud suatu organisasi atau perusahaan dapat memilih proses bisnis mana yang bisa ditanamkan pada public cloud dan proses bisnis mana yang bisa ditanamkan pada private cloud.
  • Community Cloud
Infrastruktur dan layanan cloud computing digunakan oleh beberapa organisasi yang menjadi satu komunitas.
Unknown Web Developer

No comments:

Post a Comment